Minggu, 14 Desember 2008

PANCA JIWA PONDOK

PANCA JIWA

Panca Jiwa adalah lima falsafah pesantren yang ingin ditanamkan ke dalam setiap jiwa santri dan elemen yang ada di Pondok Pesantren Daar el-Qolam. Kelima jiwa itu adalah:

• KEIKHLASAN : Adalah melakukan sesuatu karena dorongan yang datang dari dalam diri sendiri. Ikhlas dijadikan sebagai ruh setiap perbuatan. Selain itu hal-hal yang dilakukan diniatkan sebagai sebuah kebaikan untuk dirinya sendiri. Karena keikhlasan adalah cerminan pengabdian terbaik yang diberikan kepada Allah dan hamba-hamba-Nya

• KESEDERHANAAN : Adalah bersikap, bertindak dan berfikir sesuai dengan kebutuhan bukan atas dorongan keinginan. Kesederhanaan tidak diukur oleh kuantitas tetapi semata-mata didasari dengan kebutuhan yang diperlukan.

• BERDIKARI : Berdikari atau kesanggupan menolong diri sendiri merupakan senjata yang dibekalkan pesantren kepada para santrinya. Berdikari tidak saja dalam arti bahwa komunitas pesantren sanggup belajar dan berlatih mengurus segala kepentingannya sendiri, tetapi pondok pesantren itu sendiri -sebagai lembaga pendidikan- juga harus sanggup berdikari sehingga tidak menggantungkan nasibnya kepada orang lain.

• UKHUWAH ISLAMIYAH: adalah nilai-nilai keislaman yang melintas batas ruang dan waktu. Ikatan keislaman, keimanan menjadi kunci dalam merajut komunikasi, interaksi dengan siapapun tanpa memandang status sosial bahkan keyakinan.

• KEBEBASAN : Bebas dalam berfikir dan berbuat. Bebas dalam menentukan masa depan, bebas dalam memilih jalan hidup. Jiwa bebas ini akan menjadikan santri kreatif, berjiwa besar dan optimis dalam menghadapi berbagai fenomena di masyarakat kelak.

MOTTO PONDOK

Kelima jiwa di atas dilandasi juga dengan motto yang membentengi pola fakir, sikap dan tingkah laku komunitas pesantren yakni :

BERBUDI LUHUR
BERBADAN SEHAT
BERPENGETAHUAN LUAS
BERFIKIRAN BEBAS

PROGRAM PESANTREN (PANCA JANGKA PONDOK)

Kerangka dasar program kerja pesantren terangkum dalam program panca jangka yang senantiasa memberikan arah dan panduan terhadap perkembangan, kemajuan dan kesinambungan eksistensi pesantren. Panca jangka tersebut meliputi bidang-bidang sebagai berikut:

1. Pendidikan dan pengajaran;
Pesantren secara kontinue pada kenyataannya membuka diri terhadap perkembangan pendidikan yang multi dimensi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran. Usaha tersebut dibuktikan dengan pendirian lembaga perguruan tinggi dan peningkatan sumber daya tenaga pengajar.

2. Kaderisasi
Program kaderisasi di pondok pesantren Daar El-Qolam adalah bertujuan untuk menjaga kesinambungan pesantren sebagai lembaga yang eksis, sehingga terjaga dari keterpurukan dan keruntuhan sistem yang ada dalam pesantren secara menyeluruh. Urgensi pesantren terhadap kaderisasi dijabarkan melalui pemahaman terhadap lembaga itu sendiri dan peningkatan kualitas (life skill) kader.

3. Sarana dan prasarana
Program ini guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran. Kelengkapan sarana dan prasarana pesantren terus dilakukan dengan memperbaiki dan melengkapai serta memelihara sarana yang ada.

4. Chizanatullah (Sumber dana)
Diantara syarat terpenting bagi sebuah lembaga pendidikan untuk dapat tetap bertahan hidup dan berkembang adalah memiliki sumber dana sendiri. Pada perkembangannya Daar El-Qolam sangat memeperhatikan masalah ini dengan sunggug-sungguh. Bermacam-macam bidang usaha terus didirikan sebagai faktor pendukung keberlangsungan pendanaan pesantren, bidang usahanya antara lain; toko pelajar; kantin pelajar; transportasi; rental alat-alat berat; percetakan.

5. Kesejahteraan keluarga pondok
Jangka ini bertujuan untuk memberdayakan kehidupan keluarga-keluarga yang membantu dan bertanggung-jawab terhadap hidup dan matinya pondok secara langsung, sehingga mereka tidak menggantungkan penghidupannya kepada pondok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar